Sabtu, 18 Mei 2013

Fans Random



Fans Random, seperti namanya ini adalah tempat dimana para fans dari suatu band, Boy Band, Girl Band, Drama, Sinetron, atau fans para pemain. Umumnya fans random ini menampakkan dirinya di jejaring social, seperti facebook, twitter, instagram dll. Di Indonesia sendiri banyak banget random fans dari berbagai macam lapisan. Ada random music, sinetron, film, dan para pemain. Random ini ada yang asli alias uda diresmikan sama empunya yang punya, tapi banyak juga random yang Cuma ngikut-ngikut aja alias palsu, tak jarang random yang kayak gini, jarang banget update tentang idolanya, biasanya random ini update berita yang uda basi dan bahkan Cuma diisi oleh hal-hal yang gak penting, yang penting update foto-foto gitu biar tetap seneng. Kalo facebook, random asli tu bisa sampai ribuan bahkan puluh ribuan fans. Begitu juga twitter, tapi biasanya untuk twitter mereka lebih suka langsung follow ke akun pemilik asli, seperti para artis-artis yang memiliki akun twitter tentu saja mereka lebih suka follow langsung, walaupun mereka tahu 1 : 1000 yang bakal di follow back, tapi gak peduli yang penting bisa mengikuti berita dia sehari-hari aja uda seneng. Walau kadang mereka mengirim hal yang gak penting seperti “ Oppa, please follow back me”. Hehehehe (katanya gak di follow back gak papa????) J Random ini rata-rata dihuni oleh banyak kalangan yang pria pun tak luput dari yang namanya poenyuka random, rata-rata para entertainment pria (pemain sinetron, drama, film, penyanyi, boy band, band) fans random mereka biasanya adalah wanita-wanita dari segala lapisan, 12-50 th. Sebaliknya untuk random penyedia info buat para idola girls (girl band, pemain drama, sinteron, penyanyi) rata-rata penggemar mereka adalah laki-laki. (Normal lah ya???)
Fans Random sendiri biasanya berisi tentang apa aja yang terbaru dari fans, biasanya merekalah yang ngasih tau kita tentang jadwal-jadwal yang gak kita ketahui, contohnya ketika mereka ada album baru, acara reality show, sinetron baru, penghargaan yang baru di dapat dll. Dan buat para pecinta dunia entertainment random fans itu sangat berarti sekali, karena gak perlu takut gak bisa mengikuti kegiatan para fans nya. Hebatnya suatu random adalah para adminnya…(cieeee…..).  Ya, karena mereka begitu hebat, update buanget, dan yang pasti mereka adalah fans sejati, gimana gak, merekalah yang tau segala berita tentang idola kita. Tapi susahnya jadi seorang admin random tertentu adalah manakala kita musti online 24 jam, Karena seperti kita ketahui terkadang banyak hal yang mereka keluarkan saat kita sedang tidur. Khususnya buat random yang berasal dari luar indonesia. Jelas waktu mereka dan kita berbeda. Seperti di Korea saat jam disana menunjukkan pukul 18.00, disini sudah malam sekitar jam 11.00, dan mau gak mau para admin tu harus mau nunggu sampai jam 11 malem buat mengikuti random asli dari mereka yang ada di korea. Begitu juga Negara lain. Selain itu para admin tu musti punya uang dobel, musti mau ngirit buat ngisi modem mereka, gak mungkin online 24 jam di warnet kan????? Dan yang pasti mereka harus bisa bagi waktu antara jadwal sehari-hari mereka dan buat menyenangkan kita. Ada hal lain juga, buat para fans entertainment yang berasal dari luar Negara Indonesia, minimal harus bisa bahasa inggris pokok hlo, karena mereka yang ngeshare berita asli dari koreanya atau Negara lain rata-rata pake bahasa inggris.  Dan terkadang ada juga admin yang direwangi menabung dan menonton konser langsung yang digelar di negara kita, supaya kita bisa selalu update, lagi apa aja mereka diatas panggung, lagu apa yang jadi opening, trus bicara apa mereka, dll supaya kita tu berasa lihat konser live. Itu masih belum cukup, biasanya seorang admin, kudu netral, bijaksana, bisa ngademin hati para penggemar dan pengikut random, Ini yang kadang susah, terkadang gak semua berita itu bisa ditanggepi jadi bijaksana. Kalo untuk posisi netral kemungkinan masih bisa dilakukan jika kita adalah penggemar dari dunia music, kayak boy band atau girl band, karena walaupun kita Cuma suka sama salah satu anggota, tetap saja itu adalah group, misalnya aku yang suka Nichkhun 2PM, tetap saja itu adalah 2PM, maka harus mencintai 2PM juga yang satu paket.
Sebetulnya sulitnya suatu random manakala random itu mengurusi soal pemain drama, sinetron, film, dll. Sulit lagi ketika kita harus menyampaikan berita yang gak enak buat fans, harus dengan bahasa yang bisa di masukkan logika dan dengan bahasa yang gak bikin para fans shock. Seperti kita ketahui di dalam drama atau film atau sinetron selalu ada pemain utama. Dan tentu itu adalah pria dan wanita, dan mungkin saking sukanya para fans dengan pemain utama itu oleh karena acting yang mumpuni, chemistry yang ia dapat sangat cocok, sehingga yang mereka lakukan selalu membuat kita jadi merasa “Seandainya mereka tu jadian di dunia nyata”. Tak hanya di Indonesia sistem perjodohan fans terjadi, di luar negeri pun ada yang seperti itu, salah satunya di Bollywood, dimana sinemanya begitu terkenal di Indonesia yaitu dengan sinema indianya yang berjudul Kuch-Kuch Ho Ta Hai, dimana kita ketahui pemain utamanya Shah Ru Khan dengan Kajol yang sangat di elu-elukan berkat perannya yang luar biasa, banyak fans yang berharap mereka bersatu karena chemistry yang mereka dapat. Ada juga pemain film Titanic, pemeran Jason dan Rose ini juga diharapkan bersanding di kehidupan nyata. Banyak juga actor dan aktris lain yang tak luput dari pengaharapan para fans ini. Terutama di Indonesia, sudah jadi kewajiban kalo ada sinetron baru pasti akan ada random baru juga. Setelah mereka merasa cocok dengan pemain utama, maka biasanya mereka mendirikan sebuah random perkumpulan fans, biasanya nama random itu sendiri adalah nama 2 pemain utama tersebut dengan penggabungan nama mereka seperti di Indonesia sendiri “Vandah (Vanno&Asmirandah), Dunay (Dude&Naysila), Wiss (Wisnu&Shirren), (dan yang terakhir ini adalah  random kesukaan ku hehe ) Arscik (Arsyil&Ciki). Namun tetap saja keputusan akhir adalah di tangan para pemain itu sendiri, ada yang berkat para fans mereka bersatu, ada pula yang memilih pilihan mereka sendiri, tentu saja ini adalah hak pribadi mereka.
Ya, itu beberapa random yang aku tahu dan yang punya komunitas besar di Indonesia. Namun kelemahan random perkumpulan fans actor dan katris utama ini  yaitu saking ngefans nya sampai ada yang gak ikhlas kalo idolanya berpasangan dengan pilihan masing-masing, tetap saja mereka harus jadi pasangan. Tapi apa daya itu kan dunia maya, dan dunia khayal para fans, tetap saja mereka yang mengambil keputusan masing-masing untuk melakukannya atau tidak. Jika ada yang gak berkenan, misalnya idola ketahuan jalan sama orang lain, bisanya para afans pasti akan marah-marah gak jelas, disinilah peran admin dibutuhkan, di random seorang admin adalah ibu, yang harus bisa meredam amarah para anaknya. Disini admin wajib dituntut bijaksana, netral dan menyikapi hal dengan dewasa. Seperti ketika pemain A berpacaran dengan T, yang seharusnya A berpacaran dengan B di dalam sinetron, saat itulah para fans menjadi amarah dan terkadang lepas kontrol, dengan langsung mengundurkan diri dari fans, memboikot segala sesuatu yang berhubungan dengan idola dan pasangan yang tak diharapkan itu bahkan ada yang tega yang langsung megirim hujatan pada admin atau bahkan pemain langsung, Jelas saja terkadang ini membuat para admin emosi, karena mereka hanya bermaksud mengumpulkan para fans, terkadang para fans mengganggap admin itu dekat dengan pemain, padahal tidak seperti itu. Admin pun harus menaggung semua hujatan yang datang ketika itu. Ada yang minta tu random di bubarin lah dll. Tapi inilah yang harus dilakukan para admin, mereka harus bijak sepeti kasus tadi setidaknya admin harus bilang “Kita sebagai fans, hanya bisa menikmati kebersamaan mereka di dunia maya, jika di dunia nyata mereka bukanlah A dan B yang perannya sebagai sepasang kekasih, jika di dunia nyata mereka adalah mereka, kesehariannya mereka di dunia nyata pun tidak akan diatur oleh scenario panggung lagi, mereka menjalani secara natural. Termasuk dalam masalah hati ketika mereka berada di luar kilau kamera maka mereka berhak menentukan pilihan mereka masing-masing. Yang bisa kita lakukan adalah berdoa, jika mereka berjodoh pasti akan disatukan dalam kehidupan nyata, Kita berdoa dan membuktikan keajaiban sebuah doa.” Setidaknya admin harus bersikap dewasa, dan terkadang harus munafik juga pada diri sendiri, yang sejujurnya dalam hati juga gak ikhlas heheheh.
Ok, terlepas dari peran admin, ada hal lain yang perlu dibahas yaitu manfaat adanya random itu sendiri buat kita para fans. Mungkin hal pokok untuk sekedar berbagi informasi, sharing harapan masing-masing pada fansnya, atau sekedar memuaskan hasrat sayang pada idolanya. Tapi ternyata random ini bayak sekali manfaatnya salah satu disini kita bisa punya banyak teman, walau Cuma di dunia maya, dan hanya sesekali berjumpa, tapi tetap saja itu akan menambah pengalaman serta menjalin tali silaturahmi. Seperti sebuah random resmi biasanya mereka memiliki jadwal untuk berkumpul, entah itu hanya sekedar main, makan, ngobrol, nonton film bareng, atau bahkan hadir di lokasi langsung hanya untuk menyapa para pemain, itu mereka lakukan. Seperti salah satu random, tiap ada hari libur mereka selalu datang ke lokasi untuk sekedar say hello sama pemain idolanya, ada juga fans yang memberikan kejutan untuk para idolanya, lewat surprise party, atau sekedar selebrasi yang sangat sempurna, dan itu tentu membuat para idola akan sangat bangga. Itu tidaklah terlepas dari kerjasama antar anggota random. Seperti Hottest Jepang (Penggemar 2pm) saat konser di tokyo dome yang menghadirkan 110.000 fans yang dibagi dalam 2 hari, setiap harinya always ada kejutan untuk mereka, yaitu saat mereka menyalakan lighstik yang membentuk rainbow galaxy, itu sangat keren, dimana rainbow itu terbentuk dari warna lighstik dari masing-masing idola, ada juga dalam sebuah lagu mereka menerbangkan balon warna hitam, yang mengejutkan itu bukan lah ide dari penyelenggara konser atau 2pm sendiri, murni itu dari fans. Dan tentu pasti sangat mengharukan. Hehehe…… Selain itu dengan adanya random ini juga mempermudah kita para pengoleksi barang yang berhubungan dengan para idola, seperti, kaos, cd/dvd, tiket konser, banner, dan marchendise lainnya.
Aku sendiri sudah punya dampak atas adanya random tersebut, walau jarang sekali bisa bertemu tapi kita selalu tukar-menukar hal yang berhubungan dengan idola kita masing-masing. Jadi ada teman buat mbahas masalah idola tertentu. Sebenarnya tulisan ini ditulis bukan untuk menunjukkan random tertentu atau menjatuhkan random tertentu. Tapi lebih kepada bahwa random itu tidak perlu untuk di ejek atau dilecehkan, Karena kesannya terlalu lebai atau segala macamnya. Dan hanya sekedar memberi tahu bagaimana sebuah random itu sebenarnya sangat berarti buat kita pecinta idola, tanpa mereka kadang bisa jadi kita ketinggalan berita tentang mereka. Jadi, buat kalian yang mengikuti sebuah random gak usah malu, itu adalah hak pribadi kita sebgai manusia, tapi tetap saja dalam setiap random mereka berharap agar para fans adalah fans yang mengerti, mempunyai aturan, dan dalam random diharapkan punya hal baik yang dibawa. Tentunya tidak boleh ngebase (menghujat) random lain atau idola lain. Agar para idola bangga punya random fans sebagai tanda cinta kita buat mereka.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar